Energy Harvesting from every where

Energi adalah kekal telah lama diyakini orang. Sebagaimana mengacu pada hukum kekekalan energi dan hukum pertama termodinamika yang menyatakan bahwa energi tidak dapat dapat diciptakan atau dimusnahkan, energi hanya dapat berubah dari satu bentuk energi ke bentuk energi lainnya. Hukum alam inilah yang memotivasi manusia untuk terus berusaha memanfaatkan energi yang ada disekitar baik terbuang secara percuma maupun yang belum termanfaatkan untuk menjadi sumber energi baru yang berguna bagi kehidupan. Semangat pencarian energi baru makian mencuat karena juga didorong oleh situasi global yang mengindikasikan cadangan energi fosil (khususnya minyak bumi) makin lama makin menipis karena sifatnya yang tak terbarukan.

Menyangkut pencarian energi, dengan akal dan pikirannya manusia terus berusaha merespon segala persoalan yang muncul akibat keterbatasan daya dukung bumi dengan seefisien dan se-efektif mungkin. Mulai dari sel surya yang berusaha memanfaatkan energi matahari yang berlimpah ruah untuk menjadi energi listrik, kincir angin yang memanfaatkan hembusan angin untuk memutar sebuah kincir raksasa yang terhubung dengan generator listrik. Tak ketinggalan, potensi laut pun yang luasnya 2/3 dari bumi juga telah dimanfaatkan. Beberapa teknologi yang berhubungan dengan penggunaan laut sebagai sumber energi misalnya energi ombak laut dan energi pasang-surut air laut. Demikian pula dengan teknologi nuklir yang terkenal efisien dalam menghasilkan energi dalam jumlah besar yang diperoleh melalui nuclear fission.Tidak sebatas itu saja, usaha-usaha lain dalam rangka menemukan energi alternatif dengan konsep hybrid juga dilakukan. Misalnya konsep hybrid vehicle yang diterapkan dalam kendaraan bermotor  yaitu sebuah konsep yang dapat diterjemahkan secara singkat sebagai penggunaan dua sumber energi atau lebih yang berbeda untuk menggerakkan unit transportasi.

Contoh-contoh diatas dikategorikan sebagai macro energy. Untuk kategori micro-energy beberapa tahun ini juga telah giat dilakukan riset mengenai energy harvesting dari energy yang ada dilingkungan (ambient energy) misalnya dari cahaya, getaran, gelombang electromagnetic, panas dsb. Perkembangan terakhir, termotivasi oleh kebutuhan untuk menyediakan catu daya bagi jaringan sensor dan divais-divais bergerak tampa menggunakan battery maka telah dimulai pemanenan energi dari panas dan vibrasi. Sebagai contoh, dengan memanfaatkan gerak manusia (motion) beberapa peneliti berusaha memanfaakannya vibrasi periodik skala rendah untuk mencatu alat-alat elektronik bercatu daya rendah seperti mobile gadget, wireless maupun medical implant. Begitu pula, bentuk-bentuk getaran yang lain dimanfaatkan untuk mencatu sensor-sensor yang diperlukan untuk pengawasan dari sebuah sistem yang melibatkan banyak sensor, misalnya untuk monitoring beban jembatan akibat laju kendaraan yang melintasinya(harvesting bridge energy). Trend teknologi semacam ini lazim disebut Energi harvesting vibration atau Vibration Energy Scavenging yang secara lateral bisa diartikan sebagai “memanen” energi dari getaran. Buat kawan-kawan yang tertarik dan ingin mengetahui state of the art dari teknologi ini dapat membaca artikel yang ditulis oleh Steve Beeby dari University of southampton.

Jadi ternyata benar, salah jika mengatakan jumlah energi terbatas. Sebaliknya energi di alam semesta ini berlimpah ruah dan tergantung kemampuan kita dalam melihat dengan jeli sumber energi yang potensial dan “memanen”nya untuk kebutuhan hidup.

2 Comments

Filed under Uncategorized

2 responses to “Energy Harvesting from every where

  1. kalo dipikir-pikir, dalam tubuh manusia juga penuh dengan energi, keinginan yang kuat bisa disebut dengan energi potensial, untuk mewujudkan keinginan yang kuat harus berusaha dengan beraktifitas yaitu dengan memaksimalkan energi kinetik hasilnya pasti energi yang luar biasa yaitu kesuksesan hehehehe….

    kowe makin canggih aja wan!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s